Gejala Awal Kanker Otak

Apabila anda merasa mual dan muntah-muntah serta nyeri di kepala dan juga ditemukan edema propel pada pemeriksaan mata atau borok yang tidak sembuh disertai pusing kepala, segeralah memeriksakan diri. Pemeriksaan yang berupa CT scan, MRI ( Magnetic Resonance Imaging), mikroskopik, dsb.  Akan dapat mendeteksi apakah anda terserang kanker otak ataupun bisa ditemukan juga penyebab lainnya.

a. Gejala umum tumor otak

Gejala tumor otak dikelompokkan dalam 2 bagian, yakni gejala umum dan gejala khas yang tergantung pada lokasi tumor. Gangguan umum terjadi karena gangguan fungsi cerebal, akibat adanya edema otak dan tekanan trakanial yang meningkat. Ada 3 gejala utama yang muncul akibat meningkatnya tekanan intrakanial dan ini sering disebut sebagai “Trias Tumor Otak’ yakni berupa nyeri kepala, muntah dan ditemukannya edema pupil pada pemeriksaan mata. Umumnya rasa tidak nyaman ini timbul ketika pagi hari usai bangun tidur yang dapat berlangsung beberapa saat datang dan pergi disertai dengan rasa nyeri dan berdenyut-denyut. Rasa nyeri ini akan bertambah hebat apabila penderita batuk, bersin, atau mengejan. Saat anda berbaring pun rasa nyeri akan semakin terasa hebat dibanding waktu duduk.

Rasa nyeri ini diduga akibat adanya tarikan (traksi) pada struktur peka rangsang nyeri (pain sensitive structure), seperti selaput pembungkus otak (dura), pembuluh darah atau serabut saraf.

 

 

 

 

Gambar tumor otak dari samping dan depan. Tumor Maligna atau tumor ganas yang merupakan gejala awal dari kanker otak

b. Gejala khas tumor otak berdasarkan lokasi

Otak manusia terdiri atas beberapa bagian (lobus) yang memiliki fungsi berbeda-beda. Bila bagian tertentu dari otak terserang tumor, maka akan menimbulkan gejala khas sesuai dengan lokasi tumor tersebut.

- Tumor otak di lobus frontalis (otak bagian depan yang berfungsi untuk berfikir), bisa memberikan gejala gangguan mental sebelum muncul gejala lainnya. Gangguan mental ini menyerupai gejala psikiatrik, seperti gangguan fungsi intelek dan yang paling menonjol adalah menurunnya fungsi pertimbangan dan tata sosial pada umumnya

- Tumor di kelenjar hipofisis akan memberikan gejala sesuai dengan sel kelenjar endokrin yang terserang.

- Tumor di lobus occipitalis (otak bagian belakang) gejala awal yang terutama berupa nyeri kepala. Gejala khas yang muncul berupa defek (hilangnya) fungsi penglihatan terkadang tidak dapat mengenali warna dan mengenali wajah orang.

- Tumor di cerebelum (otak kecil) yang biasanya menyerang anak-anak, dapat menimbulkan hydrocephalus (kepala membesar).

Kepala anda merupakan pusat kesehatan hidup anda. Oleh karena itu, jagalah kesehatan otak anda. Kemungkinan dengan olah pernapasan dan meditasi untuk kesehatan otak, maka kemungkinan penderita kanker otak untuk tertolong masih sangat besar.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Kanker Otak and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>